Pelatihan Peningkatan Kapasitas Fasilitator Desa Se-Provinsi Gorontalo

Media Kominfo- Pelatihan Penyegaran peningkatan Fasilitator yang di laksanakan di Hotel Eljie Syariah Kota Gorontalo pada 8-11 November 2021 yang melibatkan Semua Fasilitator Desa Program Readsi SeProvinsi Gorontalo, Tenaga Leader Pusat, Pihak DPMO SeProvinsi Gorontalo, Tenaga Ahli Provinsi serta Tenaga Ahli SeProvinsi Gorontalo.

“Pelatihan peningkatan kapasitas Fasilitator ini akan menjadi Pelatihan Terakhir untuk Fasilitator, ” Papar Tenaga Leader Pusat saat Memberikan sambutan pada pembukaan acara”.

Hal tersebut di karenakan Program Readsi akan segera berakhir di tahun 2022 mendatang. akan tetapi, menurut pernyataan Pihak DPMO dari 3 Kabupaten yang mendapatkan program Readsi, tidak menutup kemungkinan akan ada Penyegaran Fasilitator Desa di tiap-tiap Kabupaten.

Pada Pelatihan tersebut, banyak keluh kesah yang di ungkapkan oleh Masing-masing Fasilitator yang terjadi saat melakukan pendampingan di Tingkat Kelompok.” Salah Satu Masalahnya yaitu Mulai dari Adanya anggota yang apatis, serta banyaknya alasan dari kelompok untuk melakukan pertemuan di karenakan kesibukan petani saat menanam dan melakukan pemanenan ” Papar Lius selaku Fasilitator Kab Gorontalo.

Pada sisi lain, juga adanya keluh kesah yang di alami Fasilitator Desa Di Kabupaten Pohuwato yang harus menghadapi kelompok tani yang selalu menanyakan terkait dengan bantuan alsintan yang tak kunjung terealisasi. ” Kami (Fasilitator) akan berupaya keras untuk meyakinkan petani bahwa program Alsintan akan tetap ada”, Papar Riski Selaku Fasilitator Desa Tirto Asri.

 

Penulis: Riski Golonggomo

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan