Peringatan Maulid Nabi di Desa Tirto Asri

Desa Tirto Asri- Dalam rangka memperingati Maulid Nabi yang jatuh pada tanggal 1 Desimber, di peringati dengan berbagai macam tradisi yang berbeda-beda khususnya di Daerah Gorontalo. Untuk Masjid yang ada di Desa Tirto Asri, peringatan maulid nabi nanti di laksanakan pada tangga 11 Desember di karenakan menunggu giliran dari masjid-masjid yang lain selesai.

Peringatan Maulid Nabi di Desa Tirto Asri, masih kental dengan tradisi Daerah Gorontalo yang  di laksanakan di Masjid mulai pada malam hari setelah pelaksanaan Shalat isya dengan menghadirkan para tokoh-tokoh agama dari Desa-desa tetangga untuk mengadakan tradisi yang di kenal dengan nama Modikili dalam bahasa Gorontalo yang artinya membaca riwayat Nabi Mohammad SAW dengan menggunakan bahasa Gorontalo.

Kegiatan Modikili tersebut di laksanakan semalaman suntuk sampai dengan pembacaan riwayat nabi tersebut selesai dan kemudian di lanjutkan dengan acara tradisi lainnya yaitu Masyarakat berbondong-bondong ke masjid dengan membawa tolangga (tempat yang di isi dengan berbagai macam jenis kue.

Penulis: Riski Golonggomo

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan