Kondisi Sungai di Kawasan Dusun Binakarya

Desa Tirto Asri –  Kondisi terkini pekan ke empat bulan Oktober sungai yang ada di lokasi Dusun Binakarya Desa Tirto Asri, Kecamatan Taluditi, Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo, sudah sangat memprihatinkan.

Sungai tersebut merupakan musuh bagi masyarakat Dusun Binakarya karna situasinya yang susah di tebak. Masyarakat Sekitar sangat khawatir dengan keadaan pinggiran sungai yang setiap harinya selalu mengalami erosi.

Setiap kali turun hujan, Masyarakat sekitar langsung melakukan persiapan untuk mengemas barang-barang berharganya.

Meliha kondisi sungai tersebut, Pemerintah Desa Tirto Asri merasa tidak bisa berbuat apa-apa. Banyak upaya yang sudah di lakukan sejak beberapa tahun kemarin untuk bisa mengatasi masalah tersebut.

Seperti memberikan informasi kepada pemerintah kabupaten, provinsi maupun Pemerintah Pusat melalui proposal dan lain sebagainya, akan tetapi sampai saat sekarang belum ada respon positif.

Setiap harinya Pemerintah Desa Tirto Asri selalu mendapatkan keluhan dari masyarakat Dusun Binakarya mengenai kondisi sungai tersebut yang semakin parah dan mengancam pemukiman mereka.

Kepala Seksi Kesejahteraan Desa Tirto Asri, Bapak Sutran Karim, mengatakan pemerintah desa hanya bisa berusaha untuk menyuarakan masalah tersebut kepada Pemerintah Pusat karena anggaran yang diberikan pemerintah kabupaten tidak akan mampu menangani masalah tersebut.

“Sudah disampaikan ke pihak terkait persoalan tersebut,” kata Bapak Sutran Karim, Senin (23/10/2017) di Dusun Bina Karya.

Penulis: Rizki Verdiansyah Golonggomo

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan