POTENSI NILAM DI DESA TIRTO ASRI

DESA TIRTO ASRI
KECAMATAN TALUDITI
KABUPATEN POHUWATO
1. POTENSI DESA TIRTO ASRI DI SEKTOR PERTANIAN
Berbicara mengenai pertanian atau bertani, Desa tirto Asri memiliki tanaman unggulan yang sekarang menjadi daya tarik untuk mayoritas petani di Desa ini untuk mengembangkannya, tanaman tersebut adalah tanaman Nilam. Saat ini sebagian petani di Desa tirto Asri mengalih fungsikan lahan mereka untuk di tanami Nilam. Sekarang ini Desa Tirto sudah memiliki sekitar 6 unit penyulingan nilam. Lebih lanjut untuk mengetahui manfaat atau keuntungan dari tanaman ini yaitu :
A. Manfaat
Nilam dapat dimanfaatkan subagai bahan olahan minyak, seperti dapat dijadikan sebagai minyak wangi apabila sudah melalui beberapa proses pengolahan.
B. Keuntungan
Keuntungan dari menanam nilam yaitu petani dapat merasakan hasil yang sangat memusaskan. Artinya hasilnya itu dapat melebihi apabila kita menanam tanaman yang lainnya. Salah satu bukti seperti pernyataan langsung oleh petani nilam, beliau mengatakan bahwa dalam 1 hektar lahan, beliau dapat menghasilkan uang sekitar Rp 80.000.000 dengan biaya yang dikeluarkan sekitar Rp 20.000.000. jadi bisa dibilang bersihnya yang diperoleh oleh petani dalam satu kali panen mencapai Rp 60.000.000.
Berbicara lagi mengenai proses pengolahan lahan sampai dengan pasca panen yaitu :
1. Pengolahan tanahnya seperti pengolahan pada umumnya
2. Bibitnya bisa dipetik langsung kemudian ditanam, dan boleh juga melalui proses pembibitan menggunakan bedengan atau polybag
3. Cara penanamannya yaitu dengan dibuat lubang atau di tugal
4. Jaraktanamnya berfariasi seperti 80 cm x 100 cm atau 100cm x 100cm
5. Masa panennya sekitar 6 bulan untuk panen pertama dan 4 bulan untuk panen ke dua.
6. Selanjutnya ketika panen, batang dan daun yang di panen tersebut di bawah ke tempat penyulingan untuk di olah menjadi minyak mentah
7. Harga minyaknya yaitu sekitar Rp 500.000 / kg.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan